Selasa, 09 Februari 2016

Pesan Syaikhuna KH Ahmad Nafi' Abdillah Tentang Perbedaan Pendapat


Mengapa akhir-akhir ini perpecahan semakin menjadi-jadi? Karena sekarang ini, setiap kali orang berbeda pendapat itu tidak mengikuti cara para ulama’ dulu. Dahulu, ulama' kalau berbeda pendapat tidak mencari pengikut. Semua dihadapi sendiri, tidak kesana kemari mencari dukungan, apalagi sampai memfitnah yang pendapatnya berbeda. Imam-imam madzhab dan kyai-kyai dulu banyak yang berbeda pendapat, tapi masih menjaga rasa takdzim dan hormat.
Pernah suatu ketika, Mbah Mahfudh Salam (Ayah KH Sahal Mahfudh Kajen Pati) menjamak shalat dhuhur dan shalat ashar hanya karena ingin mengkhatamkan sebuah pengajian kitab. Kajen pun geger. Banyak kyai yang tidak sepakat, namun tetap menaruh hurmat dengan apa yang dilakukan oleh Mbah Mahfudh Salam.
"Aku mengamalkan salah satu pendapat yang ada di dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin. Kalau tidak diamalkan, lantas siapa yang mau menggunakan?"
Jawab Mbah Mahfudh saat ditanyai kyai-kyai Kajen.
Dulu, banyak ulama yang ramai berbeda-beda pendapat mengenai sebuah persoalan. Tetapi "bar yo bar" (selesai, ya selesai), setelah itu tidak ada dendam. Karena beliau-beliau saling menghormati satu sama lain. Lha sekarang, jika ada ramai-ramai beda pendapat, selalu diikuti dengan mencari pengikut dan pendukung, sembari mengajari memfitnah. Maka tidak heran kalau gegeran itu semakin dalam dan ruwet.
Ulama yang benar-benar ulama cirinya itu ada 4:
1. Yang senantiasa bersedekah baik dalam keadaan mudah maupun susah. (ينفقون في السّرّاء والضّراء).
2. Yang mampu menahan emosi/amarah (الكاظمين الغيظ).
3. Yang mudah memaafkan orang lain (العافين عن النّاس).
4. Yang selalu ingat kepada Allah ketika melakukan kesalahan, kemudian beristighfar dan meminta maaf kepada yang bersangkutan, dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan. (إذا فعلوا فاحشة أو ظلموا أنفسهم ذكروا الله فاستغفروا لذنوبهم).

*Serpihan dhawuh-dhawuh KH Ahmad Nafi' Abdillah Kajen Pati. Semoga Allah selalu menjaga beliau kapan pun dan dimana pun. al-Fatihah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar